Wednesday, June 9, 2021

Jurnal pendapatan diterima dimuka, pencatatan atas kewajiban yang harus diselesaikan

jurnal pendapatan diterima dimuka

Jurnal pendapatan diterima dimuka merupakan pencatatan atas penerimaan pendapatan yang ditangguhkan, yang menjadi kewajiban perusahaan nantinya untuk menyelesaikan kewajibannya dalam menyediakan barang atau jasa. Rentang waktu antara pembayaran yang diterima hingga penyediaan barang dan jasa hingga diakui sebagai pendapatan akan mempengaruhi pengakuan biaya dan pendapatan pada periode tersebut. Terutama terhadap laporan keuangan interim bulanan, kuartalan atau semesteran.


Pengertian pendapatan diterima dimuka untuk memahami jurnal pendapatan diterima dimuka

Pendapatan diterima dimuka (unearned income) atau juga sering dikenal dengan pendapatan ditangguhkan (deferred income). Dimana pendapatan diterima dimuka merupakan pembayaran yang diterima dimuka atas penyediaan barang atau jasa. Penyediaan atas barang atau jasa ini baru akan disediakan atau diserahterimakan ke pelanggan kedepannya, namun pembayaran sudah diterima oleh perusahaan.

Dikarenakan pembayaran sudah diterima oleh perusahaan, sedangkan penyediaan barang atau jasa masih baru akan diselesaikan di masa depan, maka hal ini belum bisa dikatakan atau diakui sebagai pendapatan. Untuk itu transaksi ini dikategorikan sebagai kewajiban lancar, dimana perusahaan masih punya kewajiban untuk menyediakan barang atau jasa yang sudah dibayar oleh pelanggan.

Singkatnya perusahaan masih punya utang atau kewajiban atas menyediakan barang atau jasa kepada pelanggan yang sudah membayar.

Untuk itu Jurnal pendapatan diterima dimuka mencatatnya sebagai kewajiban, lebih tepatnya kewajiban lancar. Karena rentang waktu antara pembayaran yang sudah diterima dengan penyediaan barang atau jasa tidak lebih dari satu periode akuntansi atau 12 bulan.


Jurnal pendapatan diterima dimuka

Saya membagi pengalaman pada saat bekerja di hospitality dan sebuah camp, dimana pelanggan melakukan booking atau pemesanan jauh - jauh hari sebelum mereka datang. Beberapa perusahaan yang sejenis mengkategorikan akunnya sebagai pendapatan diterima dimuka atau pendapatan ditangguhkan namun ada juga yang mengkategorikan sebagai akun deposit customer.

Akun Deposit customer yang digunakan ini tidak hanya mencatat jurnal pendapatan diterima dimuka yang asumsinya menerima seluruh pembayaran atas pendapatan yang masih harus diselesaikan. Namun juga untuk menampung pencatatan jurnal uang muka penjualan, yang merupakan penerimaan sebagian pembayaran.

Namun semestinya jurnal pendapatan diterima dimuka dan jurnal uang muka penjualan merupakan pencatatan atas transaksi yang berbeda. Nanti akan lebih jelas kita bahas pada tulisan jurnal uang muka penjualan.

Jurnal pendapatan diterima dimuka juga dilakukan atas perusahaan penerbangan atau transportasi yang mencatat pemesanan tiket. Atau perusahaan makanan siap saji atau perusahaan yang menjual voucher kepada pelanggan. Atau perusahaan yang menyewakan hartanya ke perusahaan lain, seperti gedung, ruang kantor atau lahan bahkan mobil.

Sehingga nantinya jurnal pendapatan diterima dimuka sesuai dengan transaksi yang telah terjadi seperti berikut ini:

1. Jurnal pendapatan diterima dimuka atas pemesanan jasa

Berikut ini pengalaman saya saat mengelola keuangan sebuah camp edukasi lingkungan hidup. Pelanggan dari camp ini berasal dari sekolah – sekolah di Indonesia dan manca Negara. Berhubung karena padatnya jadwal setiap bulan, sehingga mereka melakukan pesanan jauh – jauh hari hingga 3 – 6 bulan sebelumnya. Berikut ilustrasinya:

Pada tanggal 2 Juni 2021 The Camp menerima pesanan atas program lingkungan hidup camp anak muda 5 hari camp untuk tgl 28 Agustus – 2 September 2021 untuk 30 anak @ Rp.5.000.000 dengan total sebesar 150.000.000 langsung ditransfer sebagai tanda jadi. Dengan ketentuan program bahwa apabila dikurangi jumlah pesertanya atau dibatalkan maka uang yang dibayarkan tidak dapat dikembalikan.

jurnal pendapatan diterima dimuka
Jurnal pendapatan diterima dimuka pemesanan jasa

Pada saat program sedang berjalan pada tanggal 28 – 31 Agustus 2021, sebelum diterbitkan laporan keuangan maka dilakukan ayat jurnal penyesuaian pada akhir bulan Agustus 2021. Ayat jurnal penyesuaian ini untuk mengakui pendapatan pada bulan berjalan sehingga laporan keuangan interim selaras dengan prinsip penandingan. Dimana biaya dan pendapatan sesuai dengan periode terjadinya.

Demikian juga pada akhir bulan September dilakukan ayat jurnal penyesuaian untuk mengakui pendapatan tgl 01 – 02 Sept 2021.

jurnal pendapatan diterima dimuka
Jurnal pendapatan diterima dimuka pengakuan pendapatan

Jurnal ini sedikit mirip dengan jurnal pendapatan yang masih harus dibayar / diselesaikan (accrued revenue). Hanya yang membedakan pada jurnal accrued revenue dilakukan ayat jurnal balik pada awal bulan, sehingga tidak terjadi double pengakuan pendapatan pada saat pendapatan jasa selesai saat diterbitkan invoice atau bill. Lebih lengkapnya akan dibahas pada tulisan jurnal pendapatan yang masih harus dibayar.

2. Jurnal pendapatan diterima dimuka atas sewa

Pada jurnal pendapatan diterima dimuka atas sewa sedikit berbeda pada dimana pencatatannya dapat menggunakan 2 cara:

  • Pendekatan laba rugi. Dimana pada saat diterima dimuka pembayaran atas pendapatan, seluruhnya diakui pada pendapatan dalam laporan laba rugi. Selanjutnya pada akhir bulan dilakukan ayat jurnal penyesuaian sebesar nilai yang belum bisa diakui sebagai pendapatan. Dan pada bulan – bulan berikutnya dilakukan ayat jurnal penyesuaian senilai pendapatan yang dapat diakui.
  • Pendekatan neraca. Sama halnya dengan pendekatan laba rugi, namun pada pendapatan dicatat dalam akun pendapatan diterima dimuka seluruhnya pada saat pembayaran atas pendapatan diterima. Selanjutnya dilakukan ayat jurnal penyesuaian setiap akhir bulan untuk mengakui pendapatan yang sesuai.
Untuk ilustrasi jurnal pendapatan dibayar dimuka sewa ini menggunakan pendekatan neraca.

Masih ilustrasi yangsama dengan camp lingkungan hidup, dimana area camp yang cukup luas terdapat lahan yang belum digunakan. Sepetak lahan akan disewa oleh sekolah alam yang lokasinya bersebelahan dengan camp ini. Lahan akan disewa untuk area parkir sekolah alam selama 2 tahun dengan nilai sewa sebesar Rp.60.000.000 / tahun Total Rp.120.000.000. Pada tanggal 9 Juni 2021 Sekolah alam membayarkan sewa lahan Rp.120.000.000 kepada the camp.

jurnal pendapatan diterima dimuka
Jurnal pendapatan diterima dimuka atas sewa

Selama periode sewa Juni 2021 hingga Mei 2023 dilakukan ayat jurnal penyesuaian tiap akhir bulan untuk kepentingan laporan keuangan interim. Pendapatan sewa akan diakui sebesar Rp.5.000.000 / bulan dalam akun Pendapatan lain – lain, dikarenakan sewa lahan bukan merupakan pendapatan utama dari the camp.

Jurnal pendapatan diterima dimuka
Jurnal pendapatan diterima dimuka pengakuan pendapatan sewa lahan

Apabila perusahaan yang bidang usahanya merupakan pendapatan jasa sewa (mobil, gudang, gedung perkantoran) maka akunnya akan berbeda dengan ilustrasi diatas. Penggunaan akun disesuaikan dengan bidang usaha yang dijalankan. Namun jurnal pendapatan diterima dimuka dan ayat jurnal penyesuaiannya setiap akhir bulan akan mencatat dengan cara yang sama.


Pendapatan diterima dimuka bagian dari klasifikasi kewajiban lancar

Pendapatan diterima dimuka merupakan bagian dari klasifikasi kewajiban lancar seperti yang tertuang dalam PSAK 1. Hal ini dilakukan oleh perusahaan yang menggunakan basis akrual dalam melakukan pencatatan pelaporan keuangan. Seperti yang sudah dibahas dalam tulisan laporan laba rugi dan laporan posisi keuangan / neraca, pendapatan diterima dimuka belum bisa diakui sebagai pendapatan. Pengakuannya sebagai kewajiban lancar perusahaan, dimana perusahaan mempunyai kewajiban atas penyediaan barang atau jasa kepada pelanggan yang sudah melakukan pembayaran.

Setelah diselesaikan kewajiban perusahaan dengan menyediakan barang atau jasa sesuai dengan kesepakatan pelanggan, maka bisa dilakukan pengakuan pendapatan. Dan pengakuan pendapatan atas barang atau jasa ini dilakukan selaras dengan prinsip dasar akuntansi yang menjadi bagian dari kerangka konseptual akuntansi yaitu prinsip pengakuan pendapatan dan prinsip penandingan.