Monday, January 18, 2021

Biaya dibayar dimuka, jurnal pengakuan dan penyesuaian

Biaya dibayar dimuka

Biaya dibayar dimuka merupakan pengakuan beban yang dibayarkan dan dibebankan pada periode 1 (satu) tahun. Biaya dibayar dimuka sebagai salah satu bagian dari pengelompokan aset lancar atau current assets. Menjadi bagian dari aset lancar maka biaya dibayar dimuka melakukan pembebanan mengikuti siklus operasional normal tidak lebih dari 12 bulan. Dan pada akhir bulan dilakukan jurnal penyesuaian biaya dibayar dimuka untuk dilaporkan dalam laporan keuangan intern bulanan.


Pengertian Biaya dibayar dimuka

Sebelum kita membahas mengenai pencatatan atau jurnal, sedikit kita pahami pengertian biaya dibayar dimuka dan posisinya di laporan posisi keuangan atau neraca. Hal ini untuk mempermudah pemahaman atas jurnal biaya dibayar dimuka.

Pengertian biaya dibayar dimuka adalah Beban yang dibayarkan dan akan menjadi beban atau dibebankan dalam waktu satu tahun sejak tanggal neraca.

Berawal dari aktivitas keuangan berupa pembayaran di depan sejumlah nilai beban yang akan dibebankan setiap bulan selama rentang waktu 1 tahun. Hal ini untuk menjalankan asumsi dasar akuntansi dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan. Yang salah satunya adalah dasar akrual (Accrual basis). Dimana sebuah kejadian dibukukan dan dilaporkan pada saat terjadi dan mempunyai dampak atas sumber daya atau kewajiban suatu entitas. Tidak semata – mata berdasarkan penerimaan atau pengeluaran kas atau setara kas.

Sumber daya berupa kas yang dikeluarkan sebuah perusahaan saat ini yang akan memberikan manfaat ekonomi masa depan atas aset yang disewa atau didapatkan. Ditinjau dari segi hukum, hak aset bukan hanya hak milik namun juga dapat hak sewa, hak pakai dan hak tagih.

Karena kas yang dikeluarkan untuk membayar biaya dibayar dimuka diharapkan memberikan manfaat di masa depan tiap bulan. Maka beban yang timbul haruslah dialokasikan setiap bulan. Hal ini dilakukan untuk menerapkan prinsip penandingan atas beban dan pendapatan (Matching cost against revenue). Dimana Suatu biaya maupun aset yang akan memberikan manfaat untuk beberapa periode, harus dialokasikan sebagai beban secara masuk akal selama periode tersebut.

Menjadi bagian dari aset lancar current assets seperti halnya kas dan setara kas, piutang, persediaan. Diasumsikan sebagai aset lancar yang tidak terlalu lancar, meskipun masih bisa direalisasikan menjadi uang karena kondisi perusahaan. Namun prosesnya tidak secepat aset lancar lainnya.


Jurnal Biaya dibayar dimuka

Terdapat beberapa transaksi keuangan yang dapat dikategorikan sebagai biaya dibayar dimuka, yang secara prinsip jurnalnya sama. Dimana terdapat jurnal untuk pengakuan biaya dibayar dimuka sebagai aset lancar yang akan dilawankan dengan kas atau setara kas. Dan pada akhir bulannya secara periodik terdapat ayat jurnal penyesuaian. Hal ini dilakukan untuk mengalokasikan beban. Yang sebelumnya sebagai biaya dibayar dimuka posisi akun neraca menjadi beban dalam akun laporan laba rugi.

Macam - macam biaya dibayar dimuka yaitu:

  • Sewa dibayar dimuka.
  • Asuransi dibayar dimuka.
  • Iklan dibayar dimuka.
  • Perawatan mesin dibayar dimuka.
  • Lisensi dibayar dimuka.
Jurnal biaya dibayar dimuka sedikit berbeda dengan jurnal uang muka pembelian, meskipun dalam klasifikasi yang sama sebagai aset lancar.

A. Jurnal biaya dibayar dimuka sebagai pengakuan

Pencatatan atas pengakuan terjadinya biaya dibayar dimuka dilakukan berdasarkan bukti transaksi saat aktivitas transaksi keuangan terjadi. Transaksi dicatat sebagai jurnal umum sesuai dengan dokumen yang sudah diverifikasi.

Untuk contoh jurnal, saya ambil salah satu yaitu sewa dibayar dimuka.

Jurnal sewa dibayar dimuka akan melibatkan akun biaya sewa dibayar dimuka pada posisi aset lancar dan kas atau setara kas pada posisi aset lancar juga. Metode pencatatan tidak berbeda jauh dengan jurnal kas atau setara kas. Seperti yang sudah saya ulas di tulisan Jurnal penerimaan dan pengeluaran bank dan sistem kas kecil.

Illustrasi: Perusahaan PT. Great menyewa sebuah gudang sementara yang akan digunakan untuk penyimpanan barang jadi. Dengan nilai sewa sebesar 120 juta pertahun dengan uang sewa dibayar dimuka sebesar Rp. 240 juta pada tanggal 05 januari 2020. Pembayaran menggunakan cheque bank A no CH2398 sebesar Rp. 240 juta kepada perusahaan pemilik gudang PT. Good.

Contoh jurnal biaya sewa dibayar dimuka

biaya dibayar dimuka
Jurnal biaya sewa dibayar dimuka


B. Jurnal penyesuaian biaya dibayar dimuka sebagai pembebanan beban sewa

Melanjutkan ilustrasi diatas jurnal sewa dibayar dimuka. Dimana sewa gudang yang sudah dipenuhi kewajibannya dengan pembayaran penuh selama 2 tahun, namun baru akan memberikan manfaat kedepannya. Maka untuk menyelaraskan prinsip penandingan pendapatan dan biaya, Biaya sewa gudang yang digunakan akan dibebankan sesuai periode berjalan pada tanggal neraca setelah diakui sebagai biaya dibayar dimuka.

Untuk itu setiap akhir bulan pada laporan keuangan internal perusahaan dilakukan penyesuaian atau adjustment dengan melakukan jurnal penyesuaian.

Pada umumnya saat ini setiap sistem akuntansi yang digunakan perusahaan sudah dapat dilakukan pengaturan untuk melakukan ayat jurnal penyesuaian setiap akhir bulan. Namun apabila fasilitas tersebut belum ada, dapat dilakukan pencatatan sendiri atas laporan ayat jurnal penyesuaian. Selain itu juga sebagai dasar dalam melakukan jurnal penyesuaian.

Setelah dilakukan jurnal penyesuaian akan dicatat nomer referensi jurnal dalam laporan jurnal penyesuaian. Hal ini juga dapat dilampirkan Buku besar sewa dibayar dimuka.

Jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka membebankan beban sewa senilai sewa 1 bulan setiap akhir bulan. Untuk ilustrasi ini maka biaya sewa 1 tahun sebesar 120 juta dibagi 12 bulan yaitu 10 juta.

Maka pembebanan biaya sewa gudang tiap akhir bulan dilakukan penyesuaian  sebesar 10 juta sampai habis periode sewa gudang.

Contoh Jurnal penyesuaian biaya sewa dibayar dimuka

Biaya dibayar dimuka
Jurnal penyesuaian biaya sewa dibayar dimuka


Laporan jurnal penyesuaian biaya dibayar dimuka sebagai kendali atas pencatatan

Setiap akhir bulan setelah dilakukan jurnal penyesuaian maka perlu dibuatkan laporan ayat jurnal penyesuaian. Meskipun hal ini biasanya diminta oleh internal audit untuk pengecekan, namun tidak ada salahnya apabila kita membuat laporan jurnal penyesuaian. Terutama apabila perusahaan tidak mempunyai internal audit. Maka kita lakukan sendiri sebagai bagian dari pengendalian.

Hal ini dilakukan untuk pengendalian atas jurnal penyesuaian, agar apa yang dilaporkan dalam laporan keuangan adalah data yang handal dan akurat. Sehingga pembebanan atas biaya dibayar dimuka tidak sampai kurang atau salah dalam penyajian di laporan keuangan. Baik dalam laporan posisi keuangan atau neraca maupun laporan laba rugi.

Contoh laporan jurnal penyesuaian biaya sewa dibayar dimuka

Biaya dibayar dimuka
Laporan jurnal penyesuaian

Laporan jurnal penyesuaian ini dibuat oleh accounting dapat diperiksa dibandingkan dengan buku besar. Laporan ini juga dapat membantu accounting agar tidak terlewat dalam melakukan jurnal penyesuaian. Serta memastikan terposting pada akun yang sesuai. Terlebih apabila terdapat jurnal penyesuaian yang cukup banyak dan beragam.

Laporan ini lebih efektif dan efisien apabila dibuat dalam format MS excel, tanpa perlu dicetak atau dicetak apabila diperlukan saja. Sehingga apabila banyak ragam biaya dibayar dimuka dapat dibuat dalam kertas kerja (sheet) yang terpisah tapi masih dalam satu file.