About






Berawal dari sebuah kegelisahan, dimana banyak rekan kerja terutama mereka yang bekerja bersama saya, yang kurang begitu memahami akuntansi dan keuangan. Sebagian besar dari mereka mengerti “Apa itu akuntansi” dengan segala seluk beluknya. Namun sebagian dari mereka tidak mengetahui “Bagaimana menerapkannya”. Bisa dipahami bahwa beberapa dari mereka yang bekerja bersama saya merupakan mahasiswa magang atau baru lulus menyelesaikan kuliah. Sehingga kekurangan “jam terbang” dan wawasan atas kompleksitas permasalaan di dunia kerja menjadi kendala.

Namun tidak sedikit dari mereka yang bekerja bersama saya, sudah bekerja sekian lama di bidang akuntansi dan keuangan, juga mempunyai permasalahan yang sama dengan mereka yang baru lulus atau masih kuliah. Memahami teori namun tidak tahu bagaimana menerapkan dalam prakteknya. Kurangnya pemahaman bahwa pentingnya peran mereka dalam mengendalikan dan menjaga asset perusahaan. Ditunjang dengan tidak berperannya pimpinan yang seharusnya membimbing dan mengarahkan, atau paling tidak “transfer knowledge”.



Dari kegelisahan ini, blog tentang akuntansi dan keuangan ini saya buat, dengan harapan dapat transfer knowledge kepada semua yang membutuhkan. Terutama bagi mahasiswa dan yang baru lulus kuliah. Namun tidak juga membatasi bagi siapapun yang membutuhkan sebagai penunjang dalam aktivitas kerja dan usaha. Semua tulisan ini dalam blog ini tetap beracuan pada dasar teori dan pengalaman saya dalam menerapkannya didunia usaha. Sebisa mungkin mengangkat permasalahan - permsalahan yang pernah saya alami sehingga bisa berbagi pengalaman.

Ijinkan saya memperkenalkan diri saya, dan latar belakang saya selama berkarir dibidang akuntansi keuangan.

Terlahir di Surabaya dan berdomisili di Bali, Lulusan Diploma sebuah sekolah tinggi pariwisata di Nusa Dua - Bali; dan Lulusan Strata 1 Akuntansi Sebuah Sekolah Tinggi ekonomi di Surabaya. Lebih dari 20 tahun berkecimpung sebagai praktisi akuntansi dan keuangan:
  • Saat ini Sebagai Konsultan yang fokus pada perbaikan Pengendalian Internal dan prosedur di area Bali.
  • Accounting dan Finance Manager di sebuah perusahaan expatriat yang bergerak dibidang environment education.
  • Corporate Financial Controller sebuah Hotel jaringan lokal Bali, yang mengelola 4 hotel budget dan 1 hotel butik. Memimpin team dengan 1 Corporate Chief Accounting dan 5 Chief Accounting.
  • Financial Controller, sebuah rumah sakit swasta bertaraf internasional, jaringan nasional di unit Bali. Memimpin 2 departemen: 1 Accounting Manager dan 1 Billing Manajer.
  • Chief Accounting, sebuah perusahaan Food Processing Manufaktur jaringan nasional di Bali.
  • Chief Accounting, sebuah perusahaan distribusi alat penunjang, jaringan lokal di Surabaya
  • Head Accounting, sebuah perusahaan owner shipping dan container jaringan nasional di Surabaya.
Mungkin apa yang saya bagikan masih banyak kekurangan, namun setidaknya saya bisa berbagi melalui tulisan – tulisan ini untuk membantu. Seperti bagaimana saya dulu membimbing dan mengarahkan team saya. Bukan hanya sekedar bekerja tapi juga berkarya.